5 Cara Kembalikan Chat WhatsApp Tidak Sengaja Terhapus

Mungkin Anda pernah mengalami pesan WhatsApp yang tidak sengaja terhapus. Meskipun kejadian seperti ini adalah sesuatu hal yang sering terjadi, namun tentunya kejadian ini juga bisa saja menjadi masalah besar jika chat yang terhapus adalah chat WA yang penting.

Ada beberapa hal yang bisa saja menjadi penyebab chat WA tidak sengaja terhapus. Diantaranya adalah tidak sengaja menekan pilihan Hapus semua chat, HP mengalami kerusakan, HP tereset, atau mengganti HP menjadi baru.

Nah, jika Anda mengalami hal tersebut dan ingin mengembalikan cha penting yang ada di WhatsApp jangan khawatir karena sunnyvalebk akan membagikan cara kembalikan chat WhatsApp tidak sengaja terhapus.

Cara Kembalikan Chat WhatsApp Tidak Sengaja Terhapus

1. Menggunakan file backup chat

Cara pertama yang cukup mudah digunakan jika ingin mengembalikan chat WA yang tidak sengaja terhapus  adalah dengan menggunakan file backup. Biasanya WA secara bawaan sudah menyediakan berbagai macam pilihan backup, yakni setiap hari, setiap minggu, setiap bulan, dan tidak dilakukan backup sama sekali.

Tempat untuk menyimpan backup juga cukup bervariasi, namun khusus untuk WhatsApp di HP Android menyimpan backup ke Google Drive. Sedangkan untuk iPhone backup disimpan ke iCloud. Untuk itu, silahkan masuk ke Settings > Chats > Chat Backup.

Jika chat yang tidak sengaja terhapus masih masuk di backup otomatis yang dilakukan WA, maka Anda bisa mengembalikannya dengan sangat mudah. Namun, jika tidak sempat masuk pada proses backup, maka Anda harus menggunakan cara lainnya yang juga akan dibahas di artikel kali ini.

2. Mengembalikan chat melalui Google Drive

Cara Kembalikan Chat WhatsApp Tidak Sengaja Terhapus

Cara yang satu ini bisa digunakan jika Anda menggunakan HP Android dan sebelumnya sudah melakukan backup. Jika Anda memenuhi syarat tersebut, silahkan ikuti setiap langkah yang ada di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan uninstal terlebih dahulu aplikasi WhatsApp yang ada di perangkat Anda.
  2. Setelah itu, instal WhatsApp kembali melalui Google Play Store.
  3. Jika sudah terinstal, silahkan login dengan menggunakan verifikasi nomor HP.
  4. Lalu, Anda akan mendapatkan notifikasi untuk Restore atau Pulihkan melalui Google Drive. Anda tinggal tekan pilihan tersebut dan klik Next atau Lanjutkan.
  5. Sampai proses ini WA Anda akan dikembalikan semua chatnya sesuai dengan file backup yang tersedia, termasuk juga yang sudah dihapus secara tidak sengaja.
  6. WhatsApp akan mengembalikan semua chat yang ada di file backup, termasuk yang telah terhapus olehmu.

3. Memulihkan chat yang terhapus melalui iCloud

Jika kedua cara sebelumnya hanya bisa dilakukan oleh pengguna HP Android, khusus untuk cara yang satu ini bisa digunakan oleh pengguna iPhone maupun perangkat iOS lainnya yakni melalui fitur yang khusus disediakan oleh Apple untuk perangkatnya yakni iCloud. Caranya tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya, silahkan ikuti langkahnya berikut ini:

  1. Silahkan uninstal terlebih dahulu aplikasi WA yang ada di iPhone maupun perangkat iOS lainnya.
  2. Setelah itu, instal kembali melalui App Store dan login seperti biasa.
  3. Pada saat login, nantinya akan muncul perintah untuk melakukan Restore atau Pulihkan, silahkan klik Next.
  4. Secara otomatis WhatsApp akan memproses file backup yang tersimpan di iCloud.
  5. Terakhir Anda tinggal menunggu beberapa saat, setelah itu chat akan dikembalikan seperti semula sesuai dengan file backup dari iCloud.

4. Cara kembalikan chat WhatsApp jika backup tidak tersedia

Mungkin beberapa dari pengguna WhatsApp cukup terganggu jika selalu melakukan backup otomatis dari WA. Oleh karena itu, sebagian pengguna menonaktifkan fitur backup otomatis. Namun, tentunya hal ini tidak disarankan karena jika chat tidak sengaja terhapus atau karena hal lainnya, Anda tidak bisa lagi mengembalikan setiap chat dari WA yang digunakan.

Namun, jika Anda terlanjur menonaktifkannya dan mengalami masalah chat yang terhapus secara tidak sengaja, tidak perlu khawatir karena ada cara yang bisa dilakukan untuk mengembalikannya.

Ternyata secara bawaan aplikasi WhatsApp akan membuat salinan chat ke penyimpanan internal HP yang digunakan. File tersebut dibuat sekitar pukul 02.00 setiap harinya dan akan disimpan dalam waktu 1 minggu. Jadi, Anda puna sekitar tujuh hari untuk mengembalikan chat yang terhapus.

Namun, untuk metode yang satu ini tidak bisa digunakan di HP iPhone melainkan hanya Android saja. Untuk caranya silahkan ikuti setiap langkahnya dibawah ini.

  1. Pertama, masuk ke File Manager yang ada di HP, lalu pilih WhatsApp > Database folder.
  2. Dalam folder tersebut pilih folder “msgstore.db.crypt12“, silahkan ganti nama filenya menjadi “msgstore_BACKUP.db.crypt12“. Di dalam folder tersebut isinya adalah file backup terakhir yang dibuat oleh WhatsApp.
  3. Biasanya di dalam folder ini, Anda akan melihat berbagai macam file backup dengan format nama “msgstore-(tahun)-(bulan)-(tanggal).1.db.crypt12“. Silahkan Anda pilih file backup terbaru dan ubah namanya menjadi “msgstore.db.crypt12“.
  4. Berikutnya buka Google Drive dan hapus file backup WhatsApp yang ada di Google Drive. Dengan begitu, aplikasi WhatsApp nantinya akan diarahkan untuk mengambil data backup chat melalui file yang ada di penyimpanan internal tersebut.
  5. Lanjutkan dengan uninstal WhatsApp yang digunakan, setelah itu instal kembali melalui Play Store.
  6. Login dengan menggunakan nomor HP WA yang sama. Jika muncul perintah untuk melakukan Restore atau Pulihkan chat, secara otomatis file backup yang di restore adalah file yang berasal dari HP
  7. Klik Next atau Restore, setelah itu chat yang tadinya terhapus akan dikembalikan.

5. Jangan malas melakukan backup

Itulah beberapa cara kembalikan chat WhatsApp tidak sengaja terhapus dengan sangat mudah. Dari penjelasan kami di artikel kali ini, Anda bisa memahami jika backup itu sangat penting untuk dilakukan utamanya untuk mengantisipasi berbagai macam masalah yang bisa terjadi seperti tidak sengaja melakukan penghapusan chat atau HP yang mengalami kerusakan.

Disarankan untuk melakukan backup WhatsApp seminggu sekali. Hal ini juga tentunya tidak hanya berlaku untuk WhatsApp saja melainkan semua aplikasi media sosial lainnya.

Tinggalkan komentar