7 Cara Menjaga Privasi di WhatsApp

Cara menjaga privasi di WhatsApp sebaiknya diketahui oleh setiap pengguna WhatsApp agar bisa menggunakan aplikasi ini lebih aman.

Hingga saat ini WhatsApp menjadi platform kirim pesan dengan pengguna paling banyak di dunia. Berdasarkan data yang dihimpun oleh Hootsuite pada tahun 2019 lalu, sebanyak 83 persen pengguna smartphone di Indonesia memilih WhatsApp sebagai aplikasi untuk berkirim pesan. Bahkan saat ini WhatsApp sudah di instal sebanyak lebih dari 5 miliar kali jika melihat laporan dari Play Store.

Sebagai salah satu aplikasi terpopuler dengan pengguna yang banyak, tentunya WhatsApp sudah dibekali dengan berbagai fitur untuk membuat penggunanya merasa nyaman dan aman. Fitur keamanannya juga sudah terbilang sangat baik untuk menjaga privasi setiap pengguna. Namun, belum lama ini di negara-negara barat terjadi kontroversi karena Facebook yang menjadi perusahaan induknya pernah mengalami kejadian yang kurang mengenakkan yakni kebocoran data pengguna.

Nah, karena hal itulah membuat orang menganggap bisa saja masalah tersebut juga terjadi pada WhatsApp kedepannya. Bagi Anda yang khawatir dengan hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa Anda coba gunakan agar privasi lebih terlindungi saat menggunakan WhatsApp. Silahkan simak pembahasannya kali ini.

Cara Menjaga Privasi di WhatsApp

Untuk lebih meningkatkan keamanan privasi saat menggunakan WhatsApp, Anda bisa menggunakan beberapa fitur yang ada di WhatsApp itu sendiri. Berikut ini beberapa cara yang bisa dicoba agar lebih menjamin privasi saat menggunakan aplikasi WhatsApp.

1. Menonaktifkan terakhir dilihat

cara mengatasi privasi di whatsapp

Terakhir dilihat pada WhatsApp menjadi tanda kapan terakhir pengguna WhatsApp mengaktifkan atau membuka aplikasi. Setiap WhatsApp dari pengguna secara bawaan akan mengaktifkan fitur ini sehingga pengguna lain bisa melihat laporan terakhir dilihat jika membuka pesan. Fitur yang satu ini bisa dinonaktifkan jika Anda tidak ingin orang lain bertanya-tanya kenapa Anda tidak langsung segera membalas pesan yang mereka kirim.

Untuk menonaktifkan fitur terakhir dilihat, silahkan buka WhatsApp terlebih dahulu dan klik tiga titik pada bagian kanan. Setelah itu, pilih Pengaturan. Nah, di menu Pengaturan ini silahkan masuk ke Akun > Privasi, lalu pilih Terakhir dilihat. Berikutnya Anda tinggal ubah dari Semua orang menjadi Kontak saya (hanya kontak di HP yang bisa melihat) atau Tidak ada (Tidak bisa dilihat oleh siapapun).

2. Menonaktifkan Laporan dibaca

cara mengatasi privasi di whatsapp

Laporan dibaca merupakan fitur yang berfungsi untuk memberikan laporan kepada pengirim pesan WhatsApp apakah pesan yang dikirim telah dibaca oleh penerima atau belum. Dua centang abu-abu pada bagian samping pesan yang dikirim menandakan jika pesan tersebut berhasil terkirim ke penerima. Sedangkan jika dua centang tersebut berubah jadi biru, berarti penerima sudah membuka atau membaca pesan.

Jika Anda tidak ingin pengguna lain tahu apakah Anda sudah membaca pesan yang mereka kirim atau belum, Anda bisa menonaktifkan fitur ini. Caranya yakni dengan masuk ke menu Pengaturan > Akun > Privasi. Di menu Privasi ini Anda akan melihat opsi Laporan dibaca, silahkban nonaktifkan.

Namun, saat fitur ini dinonaktifkan, Anda juga tidak akan menerima laporan dibaca jika mengirim pesan ke pengguna lain. Untuk laporan dibaca ini akan tetap aktif untuk pesan yang dikirim ke grup.

3. Sembunyikan foto profil

cara mengatasi privasi di whatsapp

Mungkin Anda pernah menerima pesan dari kontak WhatsApp yang tidak dikenal. Nah, agar setiap kontak yang tidak dikenal tersebut bisa melihat foto profil yang digunakan, sebaiknya sembunyikan atau batasi orang yang bisa melihat foto profil Anda.

Untuk membatasi orang yang bisa melihat profil Anda, silahkan masuk ke menu Pengaturan > Akun > Privasi. Setelah itu, pilih opsi Foto Profil dan pilih pengaturan yang diinginkan yakni Semua orang, Kontak saya, Tidak ada. Sebaiknya Anda hanya menggunakan pengaturan Kontak saya, agar hanya kontak yang Anda miliki saja yang dapat melihatnya.

4. Mengatur pembagian status WhatsApp

cara mengatasi privasi di whatsapp

WhatsApp juga memiliki salah satu fitur untuk membatasi pembagian status. Secara bawaan, orang yang bisa melihat status WhatsApp yang dibuat adalah orang yang sudah menjadi kontak WA Anda. Namun, Anda juga bisa lebih selektif dan membatasi setiap orang yang bisa melihat status yang Anda buat meski sudah menjadi kontak Anda.

Untuk membatasi pembagian WhatsApp, masuk ke menu Pengaturan > Akun > Privasi, lalu pilih Status. Silahkan Anda pilih pengaturan yang ada, Anda bisa memilih untuk mengecualikan pesan hanya untuk kontak tertentu atau mengatur kontak mana saja yang bisa melihat status WA yang dibuat.

Sebelum lanjut ke cara berikutnya, jika pesan WhatsApp yang Anda kirim sering gagal terkirim. Silahkan lihat cara mengatasi pesan WhatsApp gagal terkirim yang sebelumnya sudah dibahas.

5. Nonaktifkan pengaturan lokasi terkini

cara mengatasi privasi di whatsapp

WhatsApp juga menyediakan fitur kepada setiap penggunanya untuk saling berbagi lokasi dengan pengguna lain. Meskipun fitur ini sangat membantu, namun Anda tentunya tidak ingin secara sengaja membagi lokasi Anda secara real time selama berbulan-bulan lamanya.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda memeriksa fitur ini apakah dalam keadaan aktif atau tidak. Caranya masuk ke Pengaturan > Akun > Privasi dan gulir kebawah hingga Anda temukan Lokasi terkini. Silahkan lihat pengaturannya, pastikan dalam keadaan tidak aktif.

6. Sembunyikan Info WhatsApp

Info di WhatsApp berisi bio singkat yang biasanya muncul dibagian bawah nama WhatsApp Anda. Anda juga sebaiknya menyembunyikan atau membatasi munculnya ingo ini agar orang lain yang tidak menjadi kontak Anda tidak bisa melihatnya.

Untuk cara menjaga privasi di WhatsApp ini silahkan masuk ke Pengaturan > Privasi > dan pilih Info. Silahkan pilih pengaturan mana yang ingin Anda gunakan, sebaiknya batasi dengan memilih Kontak Saya agar hanya kontak Anda yang bisa melihatnya.

7. Manfaatkan notifikasi pop-up

cara mengatasi privasi di whatsapp

Anda juga bisa memanfaatkan salah satu fitur yang ada di WhatsApp yakni notifikasi pop-up. Fitur ini tentunya akan sangat membantu karena setiap pesan yang masuk Anda bisa melihat pop-up yang berisi pesan tanpa harus membuka pesan tersebut.

Bagi pengguna WhatsApp di Android, masuk ke Pengaturan > Notifikasi. silahkan pilih opsi Notifikasi pop-up. Pilih opsi kemunculan pop-up bisa saat layar nyala ataupun mati.

Bagi pengguna WhatsApp di iPhone, ubah gaya notifikasi dengan cara masuk ke menu Pengaturan > Notifikasi dan pilih Notifikasi di Aplikasi, Ubah dari Alert Style menjadi Alerts.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk lebih menjaga privasi Anda. Sebaiknya silahkan lakukan semua cara di atas pada pengaturan WhatsApp yang Anda gunakan.

Tinggalkan komentar