5 Cara Optimalkan Whatsapp Business Agar Penjualan Meningkat

Selain digunakan sebagai media untuk berkomunikasi melalui chat atau panggilan video, ternyata WhatsApp juga mulai banyak digunakan untuk keperluan bisnis. Media sosial yang satu ini bahkan banyak dimanfaatkan untuk membuat orderan bisnis yang dijalankan semakin meningkat dengan memanfaatkan WhatsApp Business. Untuk itu, informasi mengenai cara optimalkan WhatsApp Business adalah informasi yang cukup baik diketahui.

Data yang dihimpun dari statista.com menunjukkan jika di tahun 2020 sebanyak 87,7 persen masyarakat di Indonesia menggunakan aplikasi WhatsApp sebagai media untuk berkomunikasi. Angka tersebut menunjukkan jika aplikasi ini memang sangat populer karena berada hanya satu tingkat dibawah YouTube yang menduduki peringkat pertama.

Kehadiran WhatsApp Business yang merupakan bagian dari WhatsApp memang ditujukan untuk memberikan kemudahan bagi setiap pelaku bisnis untuk terhubung secara langsung dengan pelanggan. Selain itu, kehadiran WA Business juga bisa membantu untuk mempromosikan setiap produk yang dimiliki agar lebih menarik banyak pelanggan. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang bisa digunakan untuk membantu meningkatkan penjualan.

Nah, agar penggunaan WhatsApp Business berhasil, ada beberapa cara optimalkan WhatsApp Business agar business yang dijalankan meningkat. Silahkan simak ulasan dari Sunnyvalebk.com dibawah ini.

Cara Optimalkan Whatsapp Business Agar Penjualan Meningkat

1. Di bagian profil dan katalog tambahkan informasi dan produk secara lengkap

Cara Optimalkan Whatsapp Business

Cara pertama ini sangat penting dilakukan yakni mencantumkan informasi detail mengenai bisnis yang dijalankan. Informasi yang disajikan tersebut nantinya bisa membuat pelanggan mendapatkan gambaran mengenai bisnis yang Anda miliki. Selain itu, penambahan profil yang lengkap membuat bisnis yang dijalankan terlihat lebih profesional sehingga pelanggan menjadi lebih percaya untuk membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

WA Business juga membuat setiap pemilik bisnis bisa memperlihatkan produk maupun layanan yang disediakan dalam fitur katalog. Fitur ini tentunya sangat membantu bagi para pelanggan untuk mencari dan menemukan produk atau layanan yang diinginkannya. Untuk mengisi bagian profil dan produk maupun layanan yang disediakan toko Anda, silahkan pencet ikon tiga titik yang terletak di bagian pojok kanan atas aplikasi. Setelah itu pilih Setting > business tools > business profile untuk melakukan pengisian profil dan catalog.

2. Manfaatkan fitur greeting dan away message agar impresi menjadi lebih baik

Cara Optimalkan Whatsapp Business

Setiap pelanggan yang tertarik dengan produk atau layanan yang disediakan, biasanya pelanggan tersebut akan mengirim pesan untuk pertama kalinya ke WA Business yang dimiliki toko Anda. Nah, jika Anda ingin agar pesan tersebut langsung di balas sehingga pelanggan mendapatkan impresi yang baik maka usahakan untuk mengaktifkan fitur greeting yang akan membalas pesan yang masuk secara otomatis. Tak hanya itu, fitur yang satu ini juga akan mengirimkan pesan secara otomatis kepada pelanggan jika tidak ada komunikasi atau transaksi yang terjadi selama 14 hari.

Fitur pesan otomatis lain yang juga tersedia adalah away message. Fitur yang satu ini sangat berguna saat bisnis Anda tidak beroperasi, karena akan mengirimkan pesan kepada pelanggan yang berisi mengenai jadwal operasi toko yang dijalankan.

Hadirnya dua fitur yang ada di WhatsApp Business ini akan memberikan penilaian awal yang baik dari pelanggan dalam hal respon cepat. Agar fitur ini bisa aktif caranya cukup mudah, silahkan tekan ikon tiga titik yang ada di bagian pojok kanan atas. Setelah itu jika ada opsi yang muncul pilih Settings > Business Settings > Greeting message atau away massage.

Agar lebih baik, untuk isi pesan otomatis usahakan agar tidak terlihat seperti dibalas otomatis. Usahakan untuk menggunakan bahasa interaksi sehari-hari agar terlihat dibalas langsung oleh pemilik toko. Anda juga bisa menambahkan beberapa emoji agar isi pesan terlihat lebih ramah.

3. Balas pesan lebih cepat dengan mengaktifkan fitur quick replies

Cara Optimalkan Whatsapp Business

Fitur selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai salah satu cara optimalkan WhatsApp Business untuk membuat penjualan meningkat adalah fitur quick replies. Setiap pemilik bisnis tentunya akan mendapatkan berbagai macam pertanyaan dari para pelanggan, dan terkadang dari banyaknya pertanyaan tersebut ada banyak pertanyaan yang sama.

Nah, dengan memanfaatkan fitur quick replies. Anda bisa membalas dengan cepat setiap pertanyaan yang diajukan dengan membuat pola jawaban terlebih dahulu. Nantinya jika ada pelanggan yang memberikan pertanyaan, maka secara otomatis pelanggan tersebut akan mendapatkan balasan cepat mengenai jawabannya.

Fitur yang satu ini bisa berfungsi dengan mengetikkan simbol / untuk memunculkan pola jawaban yang sudah dibuat. Untuk membuatnya, Anda tinggal masuk ke Setting dengan menekan ikon tiga titik di pojok kanan atas > lalu masuk ke Business Setting > Quick Replies.

4. Selalu buat broadcast yang berisi informasi dan promosi

Cara Optimalkan Whatsapp Business

Melihat informasi maupun promosi lewat pesan WhatsApp tentunya akan lebih menarik dan membuat pelanggan lebih tertarik untuk melihat produk yang ditawarkan dibandingkan dengan melihat sekilas melalui iklan media sosial. Untuk itu, fitur broadcast yang tersedia di WhatsApp Business sangat penting untuk digunakan. Fitur broadcast WA Business bisa langsung mengirimkan pesan ke 256 pelanggan dalam waktu bersamaan.

Cara untuk membuat broadcast di WhatsApp Business juga sangat mudah. Anda tinggal tekan tiga titik di bagian pojok kanan aplikasi, kemudian pilih Broadcast. Berikutnya tinggal pilih kontak yang ingin dikirimkan broadcast dan tekan ikon centang yang ada di bagian pojok kanan bawah.

5. Tambahkan kategori kontak dengan label

Cara Optimalkan Whatsapp Business

Fitur label yang ada di WhatsApp Business memiliki fungsi untuk memberikan tanda pada kontak atau chat tertentu. Dengan menggunakan label, Anda akan mendapatkan kemudahan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Fitur yang satu ini bisa memudahkan Anda untuk mengenal pelanggan serta mengurutkan pesan sesuai dengan tingkat urgensi.

Ada beberapa label yang sudah disediakan secara bawaan, yakni new customer (prospek), new order (pesanan baru), pending payment (menunggu pembayaran), paid (terbayar), dan order complete (pesanan selesai). Selain label tersebut, anda masih bisa menambahkan label lainnya sesuai dengan kebutuhan. Untuk mengaktifkan fitur yang satu ini, silahkan ketuk dan tahan chat yang ingin diberi tanda atau label, setelah itu tekan ikon label yang muncul dibagian atas menu utama. Terakhir silahkan pilih label yang diinginkan.

Akhir Kata

Demikianlah informasi singkat mengenai cara optimalkan WhatsApp Business agar penjualan semakin meningkat. Semoga dengan mengikuti beberapa cara diatas, bisnis yang Anda jalankan semakin sukses dan laris.

Tinggalkan komentar